Perbedaan Antara SEO dan SEM

Dunia situs web sangatlah rymit, dipenuhi dengan terminologi yang mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya. Dua istilah terpenting di dunia digital adalah akronim SEM dan SEO. Ketika dimasukkan ke dalam strategi bisnis Anda, SEM dan SEO bisa menjadi hal yang dibutuhkan branding Anda untuk mencapai tingkat berikutnya.


Apa Perbedaan Antara SEO dan SEM?

Perbedaan utama antara SEO dan SEM adalah ini: SEO gratis dan bergantung pada strategi pencarian organik, sedangkan SEM datang dengan biaya dan bergantung pada iklan berbayar. Selain itu, SEO membutuhkan waktu untuk diterapkan, sedangkan SEM bersifat instan.


Optimisasi mesin pencari adalah praktik yang digunakan pemilik situs web untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi di SERP dan menarik lebih banyak lalu lintas ke situs web mereka. Peringkat mereka adalah konsekuensi dari memastikan situs web berkinerja baik, menampilkan kualitas dan konten asli, dan menyertakan kata kunci yang relevan dengan permintaan pengguna. Tempat yang diperoleh situs web di SERP adalah hasil alami dari peringkat secara organik dan karenanya gratis.


Pemasaran mesin pencari adalah praktik yang digunakan pemilik situs web untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi di SERP melalui iklan berbayar.


Perbedaan lain antara SEO dan SEM meliputi:


  • Hasil pencarian SEM muncul kepada pengguna sebagai iklan, sedangkan hasil upaya SEO tidak.


  • Hasil SEM menampilkan ekstensi iklan, sedangkan hasil SEO memiliki cuplikan unggulan.


  • Pemilik situs web membayar setiap kali seseorang mengklik iklan mereka. Pemilik situs web tidak membayar apa pun saat pengguna mengeklik laman web mereka.


  • Upaya SEO menambah nilai situs web dari waktu ke waktu. Upaya SEM bersifat langsung dan tidak memberikan nilai jangka panjang.


Menariknya, ada beberapa cara agar SEO dan SEM dapat berjalan beriringan. Misalnya:


  • SEO dan SEM membantu website muncul—dan berperingkat lebih tinggi—di hasil pencarian.


  • Tujuan SEO dan SEM adalah untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas lalu lintas ke situs website.


  • Agar berhasil dalam SEO dan SEM, Anda harus mengetahui audiens Anda. Strategi untuk kedua metode pemasaran bergantung pada berbicara secara efektif kepada, dan mendapatkan minat, klien.


  • SEO dan SEM sama-sama mengandalkan riset kata kunci. Ini termasuk pemahaman tentang istilah yang dicari pengguna saat mencari layanan pemakai.


  • SEO dan SEM bukanlah strategi satu-dan-selesai. Setiap metode perlu dianalisis, diuji, dan dioptimalkan terus-menerus untuk memastikan keberhasilan.


Kesimpulan  

SEO dan SEM adalah strategi pemasaran berkualitas yang menawarkan manfaat bagi banyak bisnis, termasuk agen real estat. Memutuskan mana yang akan digunakan (atau bahkan keduanya secara bersamaan) terserah pada agen. Jika Anda ingin meningkatkan nilai situs web Anda dari waktu ke waktu dan menghindari membayar untuk penempatan iklan, SEO adalah cara yang harus dilakukan. Jika Anda ingin segera naik ke puncak SERP dan mendapatkan peningkatan lalu lintas secara instan, SEM adalah caranya.

Comments